MenPANRBperesmian-unas

Bersamaan dengan penyelenggaraan diskusi ini, Universitas Nasional meresmikan berdirinya Badan Konseling Integritas Bangsa. Badan ini akan melaksanakan program-program pendidikan karakter dan integritas bangsa bagi seluruh sivitas akademika Universitas Nasional.

“Ini adalah bagian dari revolusi mental yang Universitas Nasional lakukan. Kami sadar bahwa perubahan karakter dan integritas bangsa tidak bisa dilakukan sekejap mata dan hanya dalam bentuk sekedar pelatihan-pelatihan biasa. Karena, perilaku lahir dari suatu kebiasaan yang telah tertanam dalam jiwa manusia dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu keberadaan badan konseling integritas bangsa ini akan melakukan tugasnya dengan mendampingi para peserta didik selama mereka menuntut ilmu hingga menjadi sarjana yang sesuai dengan kompetensinya masing-masing serta mewujudkan lulusan yang memiliki integritas yang tinggi. Mereka inilah yang diharapkan akan bertindak sebagai agen perubahan untuk bangsa,” ungkap Rektor Unas, El Amry Bermawi Putera.

Pembentukan Badan Konseling dan Integritas Bangsa ini sangat diapresiasi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Menurutnya, dengan adanya badan tersebut di perguruan tinggi, akan turut membantu melakukan proses seleksi aparatur Negara yang lebih objektif.

“Jadi proses seleksi yang dilakukan akan lebih objektif tidak hanya atas dasar penunjukkan dan penempatan semata. Badan semacam ini di perguruan tinggi harus terus didukung. Karena saat ini badan assessment yang ada kebanyakan berasal dari lembaga asing dan itu akan kita evaluasi,” papar Yuddy Chrisnandi.

Pembentukan karakter dan integritas melalui Badan Konseling ini, menurut Rektor Universitas Nasional merupakan bagian dari perubahan menyeluruh yang saat ini sedang digalakkan oleh Universitas Nasional. Badan Konseling Integritas Bangsa ini diresmikan oleh MenPAN-RB Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, bersama Rektor Universitas Nasional dan disaksikan oleh para tamu undangan diskusi publik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *